Minggu, 28 Februari 2010

Sebuah Gua Terbaru dan Terbesar

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, (Bahasa Vietnam: Vườn quốc gia Phong Nha-Kẻ Bàng) adalah taman nasional penting yang dapat ditemukan di Vietnam selatan, Provinsi Quang Binh, sekitar 500 km sebelah selatan dari Hanoi, 1200 km sebelah utara dari Kota Ho Chi Minh. Taman Nasional ini melindungi salah satu daerah terbesar hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa di Vietnam. Taman nasional Phong Nha-Ke Bang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang dilindungi pada tahun 1986 sebagai dua sektor, Phong Nha dan Ke Bang.

Pada bulan April 2009, british penjelajah menemukan sebuah gua baru disini, gua terbesar di dunia, lebih besar dibandingkan dengan Deer gua di Gunung Mulu taman nasional di Malaysia. Lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter. Gua tersebut panjangnya 6,5 km saat ini namun ujung rongganya masih berlanjut dengan dinding kalsit setinggi 45 m.

Gua yang diberi nama Hang Son Doong atau berarti gua sungai pegunungan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh tahun 1991.











Dari hasil laporan awal menunjukkan besar rongga utamanya mencapai dua kali lipat rekor gua terbesar saat ini. Jadi, Hang Son Doong mungkin gua terbesar yang ada di dunia saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

About Me

Foto saya
My hobby is Chess. You can ajak aku maen?? Jika g ada kegiatan... Lebih baik bekerja daripada berkata-kata...

Pesan Jati kristianto

Kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Artinya kita harus belajar dari pengalaman, karena pengalaman itu adalah guru yang paling berharga ~~~~~~~:::::::†BACK_FAMOUS†:::::::~~~~~~~~~~ ~~~~~~~†Di atas langit masih ada langit†~~~~~~~~ †Aku masih tetap bertahan di bumi ini† :†Masih menunggu apa yang terjadi pada akhir bumi ini†: ††††††††The Day After Tomorow is "DIE"†††††††† __________________~~~~~~~~_________________ ::::::::::::::::::::::::::::The~End:::::::::::::::::::::::::::: __________________~~~~~~~~__________________

  ©Template by Dicas Blogger.